Tujuh keajaiban dunia, cerita rekaan Indonesia

Salah satu cerita rekaan kolektif orang Indonesia adalah daftar tujuh keajaiban dunia, yang selain memasukkan (1) Candi Borobudur, juga konon meliputi (2) Taj Mahal, (3) Kabah, (4) Tembok Cina, (5) Menara Eiffel, (6) Menara Pisa, dan (7) Koloseum. Entah siapa yang memulai, daftar ini menjadi seakan-akan otoritatif dan tertanam di pikiran banyak pelajar Indonesia--salah satunya mungkin karena ketujuh foto situs ini sering dicetak dalam atlas-atlas untuk murid SD dan SMP.

Padahal, UNESCO sendiri (kalau kita semua mengakui bahwa organisasi inilah satu-satunya yang berwenang menyusun daftar warisan budaya, tidak seperti usaha main-mainan New7Wonders) tidak pernah membikin daftar demikian. Bahkan, dari daftar khayalan Indonesia tersebut, Kabah dan Menara Eiffel pun tidak termasuk Daftar Situs Warisan Dunia dari UNESCO!

Maka konyollah ketika di tahun 2007 silam orang-orang dan media massa Indonesia menangisi "kekalahan" Borobudur dari daftar bergengsi ini. Sebab, sesungguhnya tidak ada yang hilang, karena sejak semula Borobudur memang tidak masuk daftar tujuh keajaiban versi siapa pun kecuali versi bikinan orang Indonesia sendiri.

Diposkan di Facebook pada 25 November 2013.

No comments:

Post a Comment

I'd like to hear from you. Put your comments below!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...